Rasa Pempek Lala, Pempek Terenak di Palembang

Mengapa Saya membuat judul demikian? Iya, memang rasa Pempek Lala menurut Saya paling ngena dari pada Pempek yang lainnya. Termasuk pempek kelas atas sekalipun.

Meskipun terkenal sebagai pempek murahan dengan harga sebiji seribu, tapi rasanya tidak bisa dianggap remeh. Saya membuktikannya sendiri.

Racikan cuko Pempek Lala tidak bisa dibandingkan dengan rasa cuko pempek se-Palambang

Pempek Lala Palembang
Kalau makan di sini cukonya bisa ambil sepuasnya. Disediakan di meja beserta air putih untuk minum. Foto oleh WIke Sulistiarmi/April Pagi

Mungkin bagi Kamu kata-kata di atas terlalu berlebihan, tapi ini adalah rasa terdalam yang bisa Saya jelaskan dari pempek ini.

Ketika ke kedainya di Sentral Kampung Pempek atauĀ Kampung Pempek 26 Ilir, Saya langsung memesan empat menu pempek. Yakni Pempek Campur yang isiannya dicampur, Pempek Lenggang, Pempek Kapal Selam dan Pempek Panggang.

Pempek Lala Palembang
Ini dia Pempek Campurnya. Murah meriah dan banyak banget isinya! Kamu bakalan kenyang pokoknya makan ini doang, tapi menurut Saya Kamu juga harus coba menu lainnya di sini. Foto oleh WIke Sulistiarmi/April Pagi.

Rasa pempek campurnya menurut Saya kurang mantap, karena ukurannya kecil, tapi rasa ikannya cukup menyengat jika dibandingkan pempek kebanyakan yang dijual di Pulau Jawa. Satu porsi isinya 10 biji pempek campur, sehingga cukup mengisi perut. Yang disayangkan adalah pempek campur mereka disajikan dingin (tidak digoreng atau dikukus), sehingga rasanya kurang mantap. Cara penyajikan ini umum dilakukan di kawasan Sentral Kampung Palembang, jadi jika ingin disajikan hangat harus minta dipanaskan dahulu.

Sedangkan rasa pempek lenggang, kapal selam, dan panggang menurut lidah Saya lebih enak daripada pempek campurnya. Hal ini dipengaruhi dari cara penyajiannya yang harus dipanaskan terlebih dahulu sehingga rasanya mantap ketika dinikmati dengan cuko.

Pempel Lala Palembang

Varian pempek panggang dan lenggang (Foto/Wike Sulistiarmi)

“Cukonya paling mantep sih menurut Saya, gak ada bandingannya. Meskipun beli ke tempat yang lebih mahal sekalipun.”

Sedangkan untuk rasa cukonya, menurut Saya sih ter -The Best-. Saya sudah mencoba beberapa pempek mahal seperti kedai Pempek Candy, tapi rasanya tidak bis amenyamai cuko di sini. Cuko Pempek Lala memiliki tekstur yang lebih kental dengan bumbunya tidak disaring sehingga rasa rempah-rempahnya mengendap di cuko membuat rasanya makin mantap.

Saat Saya tanya kepada sang pemilik kedai, mereka enggan memberi tahu resepnya karena sifatnya rahasia.

Review tempat makan Pempek Lala

Pempek Lala Palemnbang
Ini suasana kedai Pempek Lala. Selalu ramai dan menyediakan tempat duduk yang nyaman. Foto oleh Himas Nur, rekan Saya.

Untuk tempatnya lumayan asik, luas, seger karena ada kipasnnya. Yang disayangkan adalah tempat makannya sedikit kotor, apalagi kalau Kamu datang ke sini saat malam dan sore hari. Ada banyak tisu berceceran di bawah kursi dan meja makan. Ini karena kebiasaan makan pelanggan yang sekarepe dewe.

But, so nice sih.. pemiliknya juga asik dan cekatan.

Yang terpenting, di sini sudah ada kasir yang siap menghitung pesananmu. Untuk yang ingin dijadikan oleh-oleh, kedai ini juga menyediakan aneka paketan oleh-oleh. Harganya sangat terjangkau dan banyak pilihan. Mulai dari aneka jenis pempek, hingga aneka jenis kerupuk khas Palembang.

Kuliner Pempek Lala
Suasana Kedai Pempek Lala yang selalu ramai oleh pembeli. Kamu harus ke sini juga untuk mencicipi kuliner ini ketika sedang berada di Palembang.,

Lokasi: Jalan Mujahidin No 23 RT 14 Kelurahan Talang Semut Palembang.
Jam operasional: 09.00 WIB – 20.00 WIB.
Nomor hp yang bisa dihubungi: 081273919100

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s