Deretan Tempat Sarapan Maknyus di Semarang

Hidup di Semarang selama delapan tahun ternyata membuat Saya sadar bahwa kuliner Semarang adalah yang paling the best . Bahkan kalau lagi mampir ke kota lain atau pulang kampung halaman serasa rindu dengan aroma dan cita rasa kuliner Semarang. Jika ini adalah kali pertama Kamu mencicipi kuliner Semarang, Saya ucapkan selamat karena ada banyak sekali makanan menggugah selera yang bisa Kamu cicipi.

Biar Kamu nggak bingung bagaimana memulai kulineran di Semarang, so Saya bakal menyusun kulinerannya, kali ini mulai dari tempat sarapannya dulu ya..

  1. Bubur Ayam Bang Udin
Bubur Ayam Bang Udin
Bubur Ayam Bang Udin pakai telur harganya Rp14.000. Tanpa telur RP10.000.

Bubur Ayam Bang Udin ini lokasinya ada di Jalan Indrapasta, kebetulan dekat sekali dengan kos-kosan Saya. Well, ini adalah kedai bubur ayam yang menurut Saya paling mantap di Semarang. Tipikal bubur ayam Jakarta dengan kuah kuning gurih dengan aneka lauk pauk yang tersedia di meja, mulai dari kerupuk, sate-satean, hingga telur bacem yang disajikan bersama kuahnya yang bisa dinikmati sepuasnya gratis (yang gratis kuahnya ya).

Tempat makannya cukup kecil, tapi muat untuk makan belasan orang. Harganya miring dan bisa pesan setengah porsi kalau Kamu lagi diet hahahaha.

Buka sekitar pukul enam pagi sampai jam sepuluhan biasanya sih, jadi jangan kesiangan ke sininya biar tidak kehabisan.

2. Warung Makan Mak Tompo

warung makan mak tompo
Udang Warung Mak Tompo. Foto oleh WIke Sulistiarmi

Nah, tempat sarapan kedua yang menurutku itu mantap adalah Rumah Makan Mak Tompo. Ini adalah warung makan yang menyajikan aneka menu rumahan. Jadi menunya pun beragam, mulai dari sayur bayam, tumis sayuran, hingga menu andalannya yakni Udang yang dilumuri dengan sambal merah.

Bukan hanya menunya yang lezat, uniknya warung makan ini juga memiliki dekorasi yang unik ala-ala Korea gitu. Jadi bisa makan sambil selfi-selfi an. Seru banget kan?

Kamu bisa baca review Warung Makan Mak Tompo dengan klik: https://wikepedia.home.blog/2018/12/13/review-warung-makan-mak-tompo-semarang/

Lokasi: Jalan Karanganyar 37, Brumbungan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50613. Atau dekat SMA Loyola belakang Warteg Bu Dewi.

Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB.

3. Asem-asem Koh Liem

Asem asem koh liem Semarang, kuliner enak untuk sarapan. Foto oleh Linda Cristiani
Asem asem koh liem Semarang, kuliner enak untuk sarapan. Phpto By @lindachristiani

Teman asli Semarang kerap merekomendasikan Asem-asem Koh Liem untuk disantap ketika sarapan di Semarang. Seperti namanya, hidangan ini berupa sayur asem pada umumnya lengkap dengan tomat dan cabai rawit bedanya di sini Kamu bisa merasakan sensasi yang lebih pedas karena cabenya banyak banget dan potongan daging yang lembut di lidah.

Tempat makan ini cukup legendaris karena sudah ada sejak 30 tahun lalu.

Menu yang disajikan sebenarnya beragam banget, jadi bukan cuma asem-asem aja. Di sini Kamu bisa merasakan kuliner Tionghoa seperti Nasi Langgi, Ca Pete Udang, Ca Bayam Sayur, Bandeng Sarden, Blanak, Sayur Lodeh, Sayur Bening, bahkan ada menu khusus untuk non muslim mulai dari babi kecap hingga olahan kodok. Hmm Yummy!!

Kedai ini buka dari jam 7 pagi sampai sekitar 7 malam. Alamatnya ada di Jalan Karanganyar Semarang dekat SMA Kolase Loyola Semarang.

4. Nasi Kebuli Bu Aminah

kulliner semarang enak
Ini dia penampakan nasi kebuli bu aminah. Buset pokoknya bikin ketagihan ini. Foto oleh Wike Sulistiarmi

Nggak nyangka bakalan jatuh cinta dengan cita rasa nasi kebuli milik Bu Aminah karena jujur tempat makannya sangat sederhana dan awalnya mikir bahwa kuliner ini bakal biasa aja, tapi ternyata enak banget.

Dalam sepiring nasi kebuli, Kamu bisa pilih lauknya, bisa pakai daging, lidah atau telur. Yang jelas semua lauk bumbunya meresap banget. Bukan cuma itu saja, nasinya itu kaya banget sama rempah-rempah jadi kalaupun nggak pakai lauk sebenarnya udah enak.

Yang jadi poin plus di sini Bu Aminah memberikan daun bawang yang super banyak jadi rasanya makin mantap. Tak lupa acar dan kalau mau bisa ditambah dengan kerupuk yang ada di atas meja.

Lokasinya ada di Jalan Petek No 76 Semarang Utara. Biasanya buka sejak pukul 6 pagi sampai sebelas.

***

Sebenarnya masih banyak menu sarapan yang mantap. Tapi karena Saya udah capek nulisnya jadi disudahi dulu ya hahaha besok Saya tambahi deh. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi tempat serapan ketika sedang berkunjung ke Semarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s